Rabu, 24 Oktober 2012

Tugas Biologi

Tugas Biolog Smp N 26 palembang

 Thalamus

Thalamus adalah struktur simetris garis tengah dipasangkan dalam otak vertebrata, termasuk manusia. Hal ini terletak antara korteks serebral dan otak tengah, baik dari segi lokasi dan koneksi saraf.
Fungsinya mencakup sensasi menyampaikan, rasa khusus dan sinyal motor ke korteks serebral, bersama dengan peraturan kesadaran, tidur dan kewaspadaan.
Brain regions
Otak daerah
Thalamus mengelilingi ventrikel ketiga. Ini adalah produk utama dari diencephalon embrio.
Thalamus adalah struktur terbesar di diencephalon, bagian dari otak yang terletak antara otak tengah (mesencephalon) dan otak depan (telencephalon).
Secara anatomis, thalamus bertengger di atas batang otak, dekat pusat otak, dalam posisi untuk mengirimkan serabut saraf ke korteks serebral di segala penjuru.
Diencephalon termasuk juga epithalamus terletak dorsal (dasarnya habenula dan lampiran) dan perithalamus (prethalamus sebelumnya digambarkan sebagai ventral talamus) yang berisi incerta zona dan "inti retikular" (tidak retikuler, istilah kebingungan).
Karena asal-usul mereka yang berbeda ontogenetik, epithalamus dan perithalamus yang secara formal dibedakan dari talamus yang tepat.
Pada manusia, dua bagian thalamus yang menonjol berbentuk bola massa, sekitar 5,7 cm, terletak miring (sekitar 30 °) dan simetris pada setiap sisi dari ventrikel ketiga.
Thalamus terdiri dari sistem lamel (dibuat dari serat myelinated) memisahkan subparts thalamic berbeda.
Daerah lain didefinisikan oleh kelompok-kelompok yang berbeda dari neuron, seperti abu-abu periventrikular, unsur-unsur intralaminar, yang "limitans inti", dan lain-lain.
Struktur ini yang terakhir, yang berbeda dalam struktur dari bagian utama dari thalamus, telah dikelompokkan bersama ke dalam''''allothalamus sebagai lawan dari isothalamus''''. Pembedaan ini menyederhanakan deskripsi global thalamus.
Thalamus suplai darah berasal dari sejumlah arteri termasuk arteri kutub dan paramedian, inferolateral (thalamogeniculate) arteri, dan posterior (medial dan lateral) Choroidal arteri. Ini semua adalah cabang dari arteri serebral posterior.




Fungsi Hipotalamus


Hipotalamus adalah bagian organ dari otak yang mempunyai fungsi yang sangat vital. Hipotalamus terletak di batang otak tepatnya di diencephalon. Hipotalamus mengatur kerja sistem endokrin, mengatur sintesis dan sekresi hormon-hormon hipofise (hormon pertumbuhan).
Hipotalamus berfungsi sebagai pengatur terpenting dari seluruh hormon-hormon endokrin. Hipotalamus juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem limfatik, dan merupakan konektor sinyal dari berbagai bagian otak menuju ke korteks otak besar. Akson dari berbagai sistem indera berakhir pada hipotalamus (kecuali sistem olfaction) sebelum informasi tersebut diteruskan ke korteks otak besar Hipotalamus berfungsi sebagai monitoring dan mengontrol berbagai aktivitas dari tubuh yang sangat banyak.
Hipotalamus bertanggungjawab terhadap:
  • Cahaya: day length dan photoperiod untuk mengatur sirkadian ritme dan musiman Rangsangan penciuman, termasuk feromon
  • Steroid, termasuk steroid gonad (hormon kelamin) dan kortikosteroid
  • Neurally mengirimkan informasi yang timbul terutama dari jantung, perut, dan saluran reproduksi
  • Saraf otonom
  • Melalui darah rangsangan, termasuk leptin, ghrelin, angiotensin, insulin, hormon pituitari, sitokin, konsentrasi plasma glukosa dan osmolaritas dll
  • Stres
  • Menyerang mikroorganisme dengan suhu tubuh meningkat, ulang termostat tubuh ke atas.
Hipotalamus mengontrol banyak sekali hormon yang sangat penting bagi tubuh. Fungsi pengaturan hormon inilah yang menentukan, betapa sangat vitalnya satu organ ini.
Hormon-hormon yang dikontrol oleh hipotalamus antara lain:
  1. ACTH : Adrenocortico Releasing Hormon
  2. ACIH : Adrenocortico Inhibiting Hormon
  3. TRH : Tyroid Releasing Hormon
  4. TIH : Tyroid Inhibiting Hormon
  5. GnRH : Gonadotropin Releasing Hormon
  6. GnIH : Gonadotropin Inhibiting Hormon
  7. PTRH : Paratyroid Releasing Hormon
  8. PTIH : Paratyroid Inhibiting Hormon
  9. PRH : Prolaktin Releasing Hormon
  10. PIH : Prolaktin Inhibiting Hormon
  11. GRH : Growth Releasing Hormon
  12. GIH : Growth Inhibiting Hormon
  13. MRH : Melanosit Releasing Hormon
  14. MIH : Melanosit Inhibiting Hormon
Hipotalamus sebagai bagian dari sistem endokrin mengontrol sintesa dan sekresi hormon-hormon hipofise. Hipofise anterior dikontrol oleh kerja hormonal sedang bagian posterior dikontrol melalui kerja sara



Otak tengah

Otak tengah (mesencephalon) atau (midbrain) adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran (inferior colliculi) dan penglihatan (superior colliculi).[1] Otak tengah mengontrol berbagai fungsi penting seperti sistem visual dan pendengaran serta gerakan mata.[2] Beberapa bagian dari otak tengah yang disebut nukleus merah (red nucleus) dan substantia nigra berfungsi dalam mengontrol gerakan badan.[2] Substantia nigra yang berwarna gelap berisi banyak neuron yang memproduksi dopamine.[1] Pada umumnya, berkurangnya neuron di substantia nigra menyebabkan terjadinya penyakit parkinson.[1] Otak tengah juga adalah bagian awal dari batang otak.[1] Otak tersebut terdiri dari tectum dan tegmentum.[1] Kedua bagian ini juga berfungsi dalam penglihatan, pendengaran, pergerakan mata, dan gerakan tubuh lainnya.[1
Otak Kecil
Apabila Anda sedang mencari info tentang Otak Kecil , maka Anda sudah situs yang akan membahas Otak Kecil . Untuk Anda yang ingin membaca tentang Otak Kecil , ada beberapa info terkait Otak Kecil  yang bisa kami berikan di website ini.
Selain tentang Otak Kecil , di website ini juga ada ratusan artikel lain mengenai otak manusia. Silakan Anda pilih dan klik judul-judul artikel yang berwarna biru di samping kanan dan kiri halaman ini untuk membaca artikel menarik lainnya.
Otak Kecil  memang sedang banyak dibicarakan oleh orang yang mendengar berita tentang Otak Kecil . Informasi tentang Otak Kecil  juga banyak dicari orang di internet. Sampai saat ini Otak Kecil  masih menjadi topik pembicaraan yang sangat menarik.
Jika info tentang Otak Kecil  di halaman belum cukup membuat Anda jelas mengenai Otak Kecil , cobalah kunjungi situs www.aktivasiotak.com untuk membaca artikel tentang Otak Kecil  yang lebih relevan. Atau mungkin, di situs yang kami sebutkan tadi, Anda akan menemukan informasi yang lebih menarik daripada Otak Kecil .
Otak manusia memang luar biasa. Oleh karena itu, Otak Kecil  menjadi salah topik tentang otak yang bermanfaat untuk diteliti lebih dalam. Mungkin yang dimaksud Otak Kecil  adalah menyangkut cara kerja otak atau fungsi otak manusia yang sangat hebat tersebut.
Kami rasa, informasi yang ada di situs AktivasiOtak.com, berhubungan dengan Otak Kecil . Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba membaca artikel di situs tersebut yang sebetulnya berhubungan dengan Otak Kecil .
Sampai saat ini, Otak Kecil  adalah hal yang sangat menarik untuk dikaji. Para pakar dari kalangan kedokteran dan psikologi juga tertarik untuk membahas tentang Otak Kecil . Meskipun mungkin, masih banyak orang yang berbeda pendapat tentang Otak Kecil .
Hal itu bukan berarti bahwa membahas tentang Otak Kecil  adalah hal yang tidak penting. Justru, biasanya hal yang penting seperti Otak Kecil , menjadi bahan perdebatan banyak kalangan. Dan hal itu wajar saja apabila ada orang yang berdiskusi atau berdebat tentang Otak Kecil .
Di Indonesia sendiri, mungkin sudah ada buku mengenai Otak Kecil , pelatihan Otak Kecil , seminar Otak Kecil  dan kursus Otak Kecil . Yang pasti, di internet sudah banyak artikel tentang Otak Kecil .
 
Dari sumber yang kami dapat, sekarang sudah banyak pelatihan Otak Kecil  untuk anak-anak, juga ada kursus Otak Kecil  untuk remaja. Terbaru adalah workshop atau seminar Otak Kecil  untuk orang dewasa.

Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil (Cerebellum) merupakan bagian terbesar otak belakang. Otak kecil ini terletak di bawa lobus oksipital serebrum. Otak kecil terdiri atas dua belahan dan permukaanya berlekuk-lekuk. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur sikap atau posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, misalnya orang tersebut tidak mampu memasukkan makanan ke dalam mulutnya.
Gambar bagian otak secara umum:

 

Fungsi dari medula oblongota atau sum - sum lanjutan

 

medulla oblongata berfungsi sebagai pusat kontrol gerakan autonomik yang ada pada tubuh. autonomik adalah gerakan tubuh yang berjalan secara otomatis yang bekerja tanpa dikendalikan oleh kita, misalnya seperti gerakan otot jantung, pernafasan, gerakan saluran pernafasan, gerak refleks, muntah, dan gerakan perisaltik ketika menelan makanan.

sumsum lanjutan juga berfungsi sebagai penghubung impuls rangsang antara otak dengan medulla spinalis (sumsum tulang belakang)

1 komentar: